Judul Postingan : Aplikasi Pelaporan Qlue Masuk Sibolga - Gatra
Share link ini: Aplikasi Pelaporan Qlue Masuk Sibolga - Gatra
Aplikasi Pelaporan Qlue Masuk Sibolga - Gatra
Sibolga, Gatra.com - Pemerintah Kota (Pemko) Sibolga, Sumatera Utara (Sumut), meluncurkan penggunaan aplikasi layanan masyarakat berbasis teknologi, Qlue. Aplikasi ini berfungsi sebagai sarana bagi masyarakat untuk melaporkan setiap permasalahan di daerah itu.
"Ini merupakan bagian dari program Smart City (Kota Pintar) yang sedang dibangun oleh Pemko Sibolga," ungkap staf Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Pemko Sibolga, Syafruddin Simanjuntak, dalam sosialisasi Qlue di Sibolga Expo 2019, Rabu (27/3).
Aplikasi layanan masyarakat ini diluncurkan bersamaan dengan diresmikannya Command Center (CC) Pemko Sibolga yang berpusat di kantor Wali Kota Sibolga. CC ini sendiri merupakan ruang kendali darurat untuk mengatasi segala permasalahan yang terjadi di Kota Sibolga dengan respon cepat.
Baca Juga: Qlue Kenalkan #ChatKelurahan untuk Sarana Komunikasi Dua Arah
Qlue (PT Qlue Performa Indonesia) adalah perusahaan rintisan teknologi asal Jakarta. Pendiri Qlue adalah Rama Raditya dan Andre Hutagalung. Perusahaan Qlue secara resmi berdiri pada 12 Februari 2016. Namun aplikasi Qlue telah beredar di publik sejak diluncurkan pada Desember 2014 bersama mitra pertama mereka Pemprov DKI Jakarta pada program Jakarta Smart City.
"Untuk menggunakan aplikasi layanan Qlue ini, masyarakat bisa mengunduhnya lewat Google Play Store untuk pengguna Android. Lalu lakukan pengisian data dan mendaftar sesuai langkah yang terdapat dalam menu layanan aplikasi itu," katanya.
Setelah aplikasi itu terpasang di ponsel, masyarakat yang ingin menyampaikan laporan tinggal klik app tersebut. Foto terlebih dahulu masalah yang ingin dilaporkan, misalnya potensi teroris, tumpukan sampah, aduan konten, parkir liar, macet, aksi kriminal, dan sebagainya. Kemudian dalam aplikasi, ada pilihan label laporan yang sudah muncul di menu yang tersedia. Tulis deskripsi masalanya. Kemudian klik kirim.
Baca Juga: MRT Jakarta Teken Kerja Sama Dengan Qlue
“Pusat kendali selanjutnya akan meneruskannya ke pihak/instansi terkait supaya segera ditindaklanjuti," imbuh Syafruddin, yang dipercaya bertugas sebagai personil operator layanan ini nantinya.
Sebelumnya, Senin (25/3), Jaksa Agung RI, M Prasetyo, meresmikan Command Center (CC) Sibolga. Keberadaan CC ini sebagai bagian dari upaya Kota Sibolga dalam mewujudkan Sibolga Smart City. CC ini merupakan salah satu inovasi dalam pelayanan publik yang berfungsi sebagai pusat sistem kendali untuk mengendalikan, memantau, mengawasi, juga menerima berbagai data serta sumber informasi berbasis teknologi.
"Saya merasa bangga, karena keterbukaan ini dilakukan dan dilaksanakan di Kota Sibolga, yang jarak tempuhnya dari Kota Medan selama 9 jam. Suatu yang luar biasa dan inovasi serta keinginan kuat dari Wali Kota Sibolga untuk menciptakan keterbukaan dalam penyelenggaraan negara dan pemerintahan," sebut Jaksa Agung saat itu.
Reporter: Jonny Simatupang
Editor: Flora L.Y. Barus
0 Comments :
Post a Comment