Mitra Adiperkasa Sebut Industri Ritel Mulai Pulih - Tempo.co

Mitra Adiperkasa Sebut Industri Ritel Mulai Pulih - Tempo.co Rss Online Mitra Adiperkasa Sebut Industri Ritel Mulai Pulih - Tempo.co, Bisnis,

Judul Postingan : Mitra Adiperkasa Sebut Industri Ritel Mulai Pulih - Tempo.co
Share link ini: Mitra Adiperkasa Sebut Industri Ritel Mulai Pulih - Tempo.co

BACA JUGA


Mitra Adiperkasa Sebut Industri Ritel Mulai Pulih - Tempo.co

TEMPO.CO, Jakarta - PT Mitra Adiperkasa Tbk. berhasil mencatatkan pertumbuhan laba bersih lebih dari 119 persen dari Rp 334,65 miliar pada 2017 menjadi Rp 735,8 miliar pada 2018.

Baca juga: Anak Usaha Mitra Adiperkasa IPO dengan Total Nilai Saham Rp 897 M

Sekretaris perusahaan MAPI, Fetty Kwartati mengatakan perolehan laba bersih perusahaan dikarenakan pertumbuhan toko yang sama sebesar 8 persen sejalan dengan penambahan gerai baru sebesar 60 ribu meter persegi melalui gerai-gerai dari portofolio MAPI seperti sport, kids, leisure, fashion, food&beverage, dan supermarket.

“Juga merupakan buah dari langkah transformasional yang dilakukan secara menyeluruh di bisnis unit dan supporting unit. Selain mengeksplorasi Indonesia, kami juga menyasar pasar di Thailand dan Vietnam,” katanya kepada Bisnis Rabu, 10 April 2019.

Menurut Fetty, tahun lalu merupakan tahun di mana industri ritel mengalami pemulihan secara positif, terutama di segmen middle class dan middle upper class. Penguatan itu, kata Fetty, akan berlanjut tahun ini di mana trennya akan lebih menonjol pada semester II/2019.

Sentimen positifnya, lanjut dia, tentunya karena pertumbuhan dari middle & affluent class setiap tahunnya meningkat. Indonesia, kata dia, merupakan negara terbesar ke-4 dengan penduduk usia muda yang berkembang pesat. Sepanjang paruh pertama tahun ini sumbangan penjualan diperkirakan meningkat dari Ramadan, lebaran festive sekaligus juga musim liburan.

MAPI telah berstrategi untuk melakukan pendekatan 360 derajat dengan menyasar masyarakat menengah di Indonesia. Caranya, MAPI melakukan eksplorasi baru di sektor Cosmetic & Beauty selain lini bisnis Sephora, Health & Wellnes, inisiatif digital, e-commerce dan juga mempromosikan bisnis model online to offline.

Sejumlah kondisi itu, mendorong MAPI berani memasang target pertumbuhan penjualan dan pendapatan serta laba sebesar 15 persen atau lebih. Kuncinya, kata dia, terletak pada penambahan gerai baru 75 ribu meter persegi dengan motor penggerak adalah divisi active, fast fashion retailing dan Starbucks.

Target pertumbuhan toko yang sama tahun ini disusun 5 persen dengan kepentingan belanja modal tahun ini mencapai Rp 1,3 triliun untuk pembukaan toko baru dan renovasi, hampir sama dengan tahun lalu.

Tahun ini Mitra Adiperkasa menargetkan pertumbuhan penjualan 15 persen, pertumbuhan juga 15 persen atau lebih. Penambahan gerai baru 75.000 sqm dengan key growth engine adalah divisi active, fast fashion retailing dan Starbucks.

BISNIS



Share on Google Plus

- Silly

-.

0 Comments :

Post a Comment